Press ESC to close

Tips dan Trik untuk Publikasi yang Diakui Nasional dan Internasional

Kemajuan dunia ilmu pengetahuan sangat dipengaruhi oleh banyaknya penelitian unggul dan bernilai. Institusi pendidikan sebagai motor sarana pengembangan ilmu pengetahuan harus mampu memiliki peran dalam menciptakan pengetahuan baru, mengembangkan teknologi, dan menjawab tantangan-tantangan yang dihadapi masyarakat. Melalui kegiatan penelitian, perguruan tinggi dapat menghasilkan inovasi, menyumbang penemuan baru, dan meningkatkan pemahaman tentang dunia di sekitar kita.

Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kemendikbud Ristek RI, Prof Nizam dalam Indonesia Research Summit yang diadakan oleh Editage pada 29 Februari 2024 di Jakarta menyatakan publikasi riset ilmiah di Indonesia saat ini sudah cukup banyak yang dihasilkan oleh Perguruan Tinggi. Namun, kualitas publikasi masih perlu ditingkatkan. “Penting untuk memastikan jurnal tempat kita mempublikasi riset ilmiah memiliki kualitas baik sehingga reputasi perguruan tinggi di Indonesia dan para dosen bisa ditingkatkan ke kancah global” ujarnya.

Deputi Bidang Fasilitasi Riset dan Inovasi BRIN, Prof. Agus Haryono, M.Si. juga menyatakan untuk menunjang kemajuan dan kualitas riset ilmiah pemerintah telah meluncurkan dana khusus untuk penelitian. Dana ini dapat diakses oleh peneliti di berbagai perguruan tinggi, serta peneliti individu menunjukkan komitmen kami untuk membangun ekosistem riset yang inklusif. “Melalui upaya ini, kami berharap dapat membentuk ekosistem yang kuat untuk mendukung kualitas riset dan inovasi, menciptakan landasan yang berkelanjutan bagi kemajuan ilmiah di negara ini,” ungkapnya.

Selain dukungan yang disediakan pemerintah, kamu pun dapat meningkatkan kualitas publikasimu sendiri dengan menggunakan tips dan trik berikut, yakni:

1. Identifikasi Tema Riset yang Relevan dan Berpotensi

Langkah pertama dalam membangun riset yang unggul adalah dengan mengidentifikasi tema atau topik penelitian yang relevan dan memiliki potensi untuk memberikan kontribusi signifikan dalam bidang tertentu. Pemilihan topik yang tepat akan membantumu menarik minat para pembaca dan meningkatkan peluang publikasi yang sukses. Topik harus relevan terhadap kontekstual permasalahan yang mampu dijawab oleh para peneliti. Universitas dapat mendorong peneliti untuk fokus pada isu-isu yang sedang hangat atau memiliki dampak besar dalam masyarakat. Sehingga produk yang dihasilkan dari penelitian ini tidak hanya mampu membedah fenomena namun juga dapat memberikan solusi yang dibutuhkan masyarakat.

2. Bentuk Tim Riset yang Berkualitas

Prof Nizam menyampaikan, kolaborasi menjadi kunci dalam membangun riset yang unggul. Oleh kareanya, riset kolaborasi perlu didorong baik antar perguruan tinggi Indonesia dengan perguruan tinggi di luar negeri maupun kelompok riset yang biasanya difasilitasi universitas atau lembaga penelitian. Kelompok riset ini terdiri dari individu-individu yang memiliki keahlian dan pengalaman yang beragam dalam bidang yang relevan. Kolaborasi antar peneliti dan multisektor diperlukan agar penelitian kaya akan pisau analisa. Dengan bekerja secara tim, kamu dapat saling melengkapi dan menghasilkan riset yang lebih holistik dan mendalam. Kolaborasi juga memperluas jaringanmu dan meningkatkan peluang untuk publikasi bersama.

Kolaborasi pun menurutnya perlu dilakukan dengan lembaga penyedia layanan editing profesional seperti Editage. Editage akan membantumu meningkatkan kulitas penulisan ilmiah sehingga dapat dilirik untuk dipublikasi oleh jurnal bereputasi global.

Prof. Nizam (DIKTI) remarks on Indonesia Research Summit 2024 event

3. Gunakan Metodologi Penelitian yang Tepat

Metodologi penelitian yang tepat merupakan landasan dari riset yang berkualitas. Kamu dapat mengikti pelatihan yang dilakukan universitas dan lembaga untuk mengembangkan keterampilan dalam menentukan dan menyusun metodologi penelitian yang efektif. Melalui pelatihan berkala diharapkan pemahaman dan ketajamanmu dalam melakukan penelitian akan semakin terasah. Memilih metode yang sesuai dengan tujuan penelitian dan menyusun desain penelitian yang baik akan membantu memastikan keakuratan dan keandalan hasil riset.

4. Perhatikan Etika Penelitian

Etika penelitian merupakan aspek yang sangat penting dalam membangun riset yang unggul. Oleh karenanya, sebagai peneliti kamu perlu mengutamakan kepatuhan terhadap prinsip-prinsip etika penelitian, termasuk dalam hal perlindungan subjek penelitian, integritas data, dan menghindari plagiarisme. Para peneliti perlu mematuhi standar etika yang tinggi sehingga meningkatkan kepercayaan dan reputasi lembaga dan meningkatkan peluang untuk mempublikasi riset pada jurnal yang bereputasi.

5. Kelola Data Penelitian dengan Baik

Data merupakan aset berharga dalam riset. Sebagai peneliti kamu harus dapat mengelola data penelitian secara efektif, termasuk dalam hal pengumpulan, analisis, dan penyimpanan data. Dengan memiliki sistem yang baik untuk mengelola data, kamu dapat menghasilkan hasil riset yang lebih akurat dan dapat dipercaya, serta memfasilitasi proses publikasi yang lebih lancar.

6. Tulis dan Presentasikan Hasil Riset dengan Jelas dan Menarik

Kemampuan untuk menulis dan menyajikan hasil riset dengan jelas dan menarik merupakan keterampilan penting bagi para peneliti. Kamu dapat mengikuti pelatihan dan sejumlah konferensi riset yang diselenggarakan oleh universitas dan lembaga riset untuk meningkatkan keterampilan komunikasimu. Tulisan yang baik dan presentasi yang menarik akan meningkatkan daya tarik risetmu bagi para pembaca dan meningkatkan peluang untuk diterbitkan di jurnal nasional maupun internasional.

7. Manfaatkan Jaringan Penelitian

Memanfaatkan jaringan penelitian yang ada dapat membantu memperluas dampak risetmu. Jadikan keikutsertaanmu dalam konferensi dan seminar ilmiah sebagai ajang pertukaran pengetahuan, perspektif, dan pengalaman unik dalam penelitian. Kegiatan ini membuka pintu kolaborasi penelitian yang lebih luas, lebih mendalam, dan lebih inklusif. Universitas dan lembaga penelitian memiliki peran penting dalam mendorong kolaborasi ini. Mereka tidak hanya dapat memberikan dukungan finansial, tetapi juga memfasilitasi berbagai kegiatan seperti konferensi dan seminar ilmiah, tempat di mana peneliti dapat bertemu, berbagi pengetahuan, dan mengeksplorasi ide-ide baru. Ketika peneliti dari berbagai negara bekerja bersama, peluang untuk menciptakan solusi-solusi yang bersifat global bagi tantangan-tantangan kompleks yang dihadapi oleh umat manusia, akan semakin besar.

8. Evaluasi dan Revisi Terus- Menerus

Proses evaluasi dan revisi terus-menerus merupakan bagian yang penting dalam membangun riset yang unggul. Sebagai peneliti, kamu perlu terbuka terhadap umpan balik dan kritik konstruktif yang diberikan pihak jurnal untuk terus mengembangkan dan memperbaiki risetmu. Ketelitian, ketekunan, kesabaran diperlukan dalam hal ini karena riset yang berkualitas tentunya harus melewati proses yang tidak mudah. Perlu proses yang cukup panjang agar riset bisa terpublikasikan secara baik dan memenuhi syarat standar nasional dan internasional.

Membangun riset yang unggul dan publikasi yang diakui nasional maupun internasional membutuhkan komitmen, kerja keras, dan kerja sama antara universitas, peneliti, dan stakeholder terkait lainnya. Melalui ide-ide dan inovasi menarik ditambah kolaborasi multisektor diharapkan mampu meningkatkan daya tarik risetmu sehingga berpeluang diterbitkan pada jurnal-jurnal ternama secara nasional maupun internasional. Dengan mengikuti tips dan trik yang disebutkan di atas, kamu pun dapat meningkatkan reputasimu dalam dunia riset dan memberikan kontribusi yang berarti bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan masyarakat secara luas.